Enhance Microsoft Office with Plugins, Templates and Photos for PowerPoint, FrontPage, Outlook and Excel
CrystalGraphics is the leading provider of add-on products and services designed to enhance your Microsoft Office projects. CrystalGraphics' PowerPlugs add-ons for Microsoft Office are award-winning products that will add a more professional look to your presentations, emails, websites, spreadsheets and other documents! For more information, please visit www.CrystalGraphics.com.

Tuesday, July 14, 2009

PRIBADI YANG BERTUMBUH DALAM KRISTUS



Ayat Pembuka:

II Korintus 4:10
Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami, supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami.
Kolose 3:10
dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

Kelahiran seorang bayi yang sehat, lucu akan menimbulkan harapan orangtuanya pada masa depan yang ceria.

Munculnya dua daun mudah dari benih yang di tanam beberapa hari yang lalu, menimbulkan harapan petani untuk kesejahteraan keluarganya.

Namun, jika hari berganti hari, minggu berganti minggu dan bulan berganti bulan, dua daun mudah dari benih itu yang tadinya diharapkan bertumbuh menjadi empat daun, dan terus bertumbuh, berbunga dan berbuah.., tapi ternyata tidak menunjukkan tanda-tanda yang di harapkan petani, hal ini menjadi masalah besar.
Masa depan keluarganya yang tadinya bergantung dari pertumbuhan dari dua daun itu, mulai pupus. Yang didapati adalah hal yang berbeda, dua daun menjadi satu daun dan akhirnya kering karena tidak ada pertumbuhan.

Satu tahun telah lewat, bayi sehat dan lucu itu yang tadinya diharapkan ibunya akan bertumbuh besar, merangkak dan dapat berjalan, ternyata tidak menunjukkan tanda-tanda seperti yang diharapkan karena tidak ada pertumbuhan.

Bagaimana Kita menjadi Pribadi yang Sukses Bertumbuh dalam Kristus?

Pernahkah anda melakukan perenungan mengenai diri sendiri, tentang apakah saya bertumbuh didalam pengetahuan akan agama saya? Apakah saya bertumbuh dalam percaya kepada Allah? Apakah saya mengalami Pertumbuhan didalam menaruh perhatian pada orang lain, kepada jemaat, kepada masyarakat? Apakah saya bertumbuh dalam Pelayanan kepada Allah?

Atau apakah saya mengerti bahwa saya harus bertumbuh?

Mari kita mencari jawabnya dengan memulai pada Apa tanda-tanda Bertumbuh itu?
Secara umum orang Kristen memusatkan Pertumbuhan pada 3(tiga) aspek:

1. Bertumbuh secara Badani

Pengikut Kristus pada mulanya sangat memperhatikan pertumbuhan badani. Kondisi kesehatan fisik seseoarang yang tercakup didalamnya keadaan kesehatan tubuh dan kemampuan tubuh sering dikaitkan dengan keadaan rohani mereka. Mereka terus menjaga kesehatan tubuh mereka karena itu menunjukkan bagaimana mereka menurut dan percaya sepenuhnya pada Injil yang mereka pelajari. Sering didapati bahwa kesembuhan mereka terjadi setelah dosa mereka diampuni. Hal ini terlihat pada setiap kali Tuhan Yesus menyembuhkan mereka , ada kalimat yang keluar dari mulut Yesus “ Dosamu sudah diampuni.”
Matius 9:2
Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni."


Matius 9:5
Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah?


Markus 2:5
Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!"


Markus 2:9
Manakah lebih mudah, mengatakan kepada orang lumpuh ini: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalan?


Lukas 5:20
Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia: "Hai saudara, dosamu sudah diampuni."


Lukas 5:23
Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, dan berjalanlah?

I Petrus 2:2
Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,


Orang Kristen yang benar adalah dia yang bertumbuh dalam pemeliharaan kesehatan tubuhnya, yaitu bagaimana dia memilih jenis makanan dan bahan makanannya, minumannya, gerak badan yang seimbang, istirahat yang cukup, memlihara kebersihan dan terus menjaga vitalitas tubuh. Ini adalah bagian dari perbuatan iman. Salah satu tanda bertumbuh dalam Kristus.

Kisah Para Rasul 15
15:29 kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat."

2. Bertumbuh dalam Pikiran

Efesus 4:15
tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.


Filipi 4:10
Aku sangat bersukacita dalam Tuhan, bahwa akhirnya pikiranmu dan perasaanmu bertumbuh kembali untuk aku. Memang selalu ada perhatianmu, tetapi tidak ada kesempatan bagimu.


Kolose 1:10
sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah,

Bertumbuh dalam Kristus adalah terus belajar tentang tabiat Kristus dan semakin memiliki hikmat dan pengertian akan ajaran Kristus.

Sebagai pengikut Kristus, anda harus semakin berhikmat, semakin berakal budi, semakin rendah hati, semakin arif dan bijaksana. Semakin sabar dan mengendalikan diri, berpenampilan menarik dan bersahaja, menghargai orang lain, saling menghormati dan tidak cepat marah, mengampuni , tidak membangkit-bangkit, menutupi kesalahan orang lain dan suka meminta maaf.

Secara umum orang Kristen seharusnya memiliki kepribadian yang kuat, kepercayaan yang kuat pada kuasa Allah dan keberanian untuk berbeda dari keduniawian. Ada begitu banyak petunjuk dalam Alkitab tentang bagaimana bertumbuh dalam Kristus melalui pikiran. Kitab Amsal memberi banyak pelajaran kepada kita bagaimana menjadi orang yang memiliki kepribadian yang kuat dan memiliki pikiran yang positif. Jika anda benar-benar pengikut Kristus, maka anda seharusnya sudah memiliki pedoman yang kuat untuk menjadi Pribadi yang memiliki identitas yang jelas sebagai orang Kristen, yaitu Firman Allah.


3. Pertumbuhan Spiritual


Pertumbuhan utama yang membawa setiap orang memiliki iman kepada Allah adalah pertumbuhan rohani. Pertumbuhan rohani akan menunjukkan apakah seseorang sehat dalam beragama atau tidak. Rohani anda bertumbuh atau tidak sangat dipengaruhi oleh apakah anda mau mempelajari perkataan kitab suci, menyelidikinya, mempraktekkannya serta mengajarkannya atau anda bahkan tidak perduli atau mungkin setengah-setengah. Jika anda tidak tertarik dengan kitab suci, niscaya anda tidak bertumbuh secara rohani, dengan kata lain anda sudak mati secara rohani

Yohanes 8:24
Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."

Yohanes 11:26
dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"

Efesus 2:1
Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.

Efesus 5:14
Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu."

Apakah anda mempelajari kitab suci hanya dengan setengah-setengah? Saya berharap tidak ada diantara anda yang mempelajari firman Tuhan dalam kitab suci hanya setengah-setengah, tidak sungguh-sungguh atau hanya sekedar formalitas saja. Mengapa? Sebab jika memang demikian , itu berarti tidak ada bedanya dengan orang yang tidak percaya sama sekali pada Allah. Karena orang yang setengah-setengah akan dibuang oleh Allah.

Wahyu 3:16
Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

Jika anda sudah menyerahkan diri untuk percaya kepada Allah, maka percayalah dengan sungguh-sungguh, pelajarilah firman Allah dengan sungguh-sungguh, mengertilah dengan sungguh-sungguh, praktekkanlah dengan sungguh-sungguh dan ajrkanlah kepada orang lain dengan sungguh-sungguh.

Matius 22:37
Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Markus 12:30
Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.


Lukas 10:27
Jawab orang itu: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."


Kolose 3:23
Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Jadi apabila anda ingin menjadi orang Kristen yang benar, maka bertumbuhlah! Baik tubuhmu, pikiranmu maupun rohanimu. Segala sesuatunya adalah untuk pelayanan kepada Allah dan juga kepada sesama manusia.

Bertumbuh adalah proses terjadinya perubahan yang dapat menjadikan sesuatu berkembang menjadi lebih baik atau meningkat.

Apakah tubuh anda mengalami perubahan yang berkembang kearah yang lebih baik? Apakah pikiran anda mengalami perubahan kearah yang labih baik dan positif? Apakah kerohanian anda mengalami perubahan kearah yang lebih meningkat pada kebenaran?

Hanya anda dan Allah saja yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan itu! Hubungan anda dengan Tuhan adalah jawabannya. Anda mengalami pertumbuhan atau tidak, itu sangat bergantung pada bagaimana hubungan anda dengan Tuhan sebagai Pencipta anda. Bagaimana pertumbuhan badan, pikiran dan rohani anda akan ditunjukkan oleh bagaimana hubungan pribadi anda dengan Tuhan.


Tidak ada cara lain yang dapat menghantarkan anda kepada Allah, kecuali satu hal yaitu hubungan pribadi anda dengan Tuhan. Jadi milikilah hubungan pribadi yang erat antara anda dan Tuhan, maka niscaya anda akan bertumbuh.

Vandy JP

No comments:

Post a Comment